Peletakan Batu Pertama Pembangunan Rumah Korban Kebakaran

Peletakan Batu Pertama Pembangunan Rumah Korban Kebakaran

Binjai (Humas Pemko),

Walikota Binjai, HM Idaham, didampingi Kapolres Binjai, AKBP M Rendra Salipu, dan segenap unsur SKPD dan FKPD, di jajaran Pemko Binjai menghadiri peletakan batu pertama pembangunan rumah korban kebakaran, lingkungan VIII di Jalan Suratin, Kelurahan Timbang Langkat, Kecamatan Binjai Timur, Jumat (8/12) sore.

Walikota mengungkapkan pembangunan rumah korban kebakaran hanya dapat diselesaikan apabila seluruh masyarakat bisa membangun kebersamaan dan saling membantu satu dengan yang lain.

"Atas nama Pemko Binjai saya mengucapkan terimakasih kepada seluruh masyarakat Binjai yang masih memiliki rasa persaudaraan yang tinggi, yang sampai saat ini masih terus membantu dan memperdulikan para korban kebakaran," ucapnya.

Idaham menegaskan, pembangunan 32 rumah korban kebakaran tidak menggunakan dana APBD Pemko Binjai, namun dana pembangunan rumah tersebut seluruhnya berasal dari sumbangan masyarakat.

"Tidak ada satu rupiah pun uang Pemko Binjai yang kita gunakan untuk pembangunan rumah korban kebakaran, semua dana berasal dari sumbangan masyarakat, Pemko Binjai hanya menyediakan fasilitas, seperti alat berat, direncanakan pembangunan akan selesai dalam waktu dua bulan kedepan," tegas Idaham.

Ia mengungkapkan sebagai pimpinan daerah, Ia berharap dengan adanya kejadian ini mampu kembali membangun kebersamaan, kepedulian kita terhadap sesama yang sedang tertimpa musibah. Perkuat kembali kearifan lokal yang tumbuh pada masyarakat Binjai, seperti gotong-royong, dan peduli sesama.

Kepada wartawan Idaham mengatakan, bahwa sampai saat ini dana yang terkumpul untuk pembangunan rumah korban kebakaran sebesar Rp 150 juta, bantuan bahan bangunan antara lain, semen sebanyak 1.200 sak, dan batubata sebanyak 15.000.

Namun Walikota sangat yakin bahwa pembangunan rumah korban kebakaran akan mampu diselesaikan dalam waktu dua bulan, dan tidak akan kekurangan dana. Untuk itu Walikota mengimbau kepada seluruh masyarakat Binjai jangan hanya berdiam, mari kita berbuat, buktikan masyarakat Binjai itu bersaudara.

Walikota menegaskan nantinya rumah yang akan dibangun akan layak huni, memiliki sanitasi yang baik, sehingga masyarakat akan merasa nyaman menempatinya. Rumah tersebut akan menjadi milik warga yang menempatinya.

Idaham kembali menegaskan bahwa jatah hidup untuk korban kebakaran sudah cukup, di posko juga telah disediakan dapur umum yang cukup untuk korban kebakaran sampai rumah mereka selesai dibangun.

Dedi, perwakilan korban kebakaran, mengucapkan terimakasih kepada masyarakat yang telah ikut membantu dan apresiasi kepada Pemko Binjai, terutama kepada Walikota Binjai yang sudah sangat peduli kepada seluruh korban kebakaran.

"Bapak Walikota sudah sangat banyak membantu dan peduli kepada kami, sampai saat ini beliau terus memberikan dukungan kepada kami untuk tetap tabah dan sabar, sampai ikut membantu membangun Rumah kami, dan masih banyak bentuk kepedulian yang telah diberikan pak Wali kepada kami selama di pengungsian dan sampai saat ini,"ucap Dedi.

Ia mewakili seluruh korban kebakaran sangat berterimakasih atas pembangunan rumah yang dibangun untuk mereka.