Sabtu, 07 Juli 2012 - 18:37:18 WIB
Audensi MABMI Kota Binjai
Diposting oleh : Humas Binjai
Kategori: umum - Dibaca: 683 kali


Share

Binjai (Humas)
Kota Binjai sejak lama dikenal sebagai kota  rambutan. Namun  tak lama  lagi  Binjai  juga bakal  dikenal sebagai kota  jambu air.  Soalnya saat ini  pemko Binjai sedang gencar  membudidayakan jambu air madu deli hijau dan jambu air madu deli merah sebagai buah unggulan dengan menggandeng kelompok tani.  

“Rambutan tetap kita budidayakan dan  kita juga memiliki  tempat penangkaran  bibit  rambutan. Tapi rambutan sifatnya berbuah musiman setahun sekali. Sedangkan  jambu air mempunyai prospek ekonomi  yang sangat baik karena tidak mengenal musim, “ kata walikota Binjai HM Idaham SH MSi ketika menerima audiensi  pengurus  Mabmi Kota Binjai  dipimpin  Prof.H. Syamsul Arifin SH MH,  Jumat (6/7)  di kediaman  resmi walikota  di jalan Veteran Binjai.

Menurut Walikota M Idaham budidaya jambu air  varietas unggulan  asli Binjai ini tergolong mudah  karena  cukup ditanam  di polybag. Sebagai tahap  awal pemko Binjai  membantu 300 bibit pohon jambu air kepada setiap kelompok tani. Bantuan  dan  bimbingan diberikan hingga   panen  pertama.

Idaham mengatakan Binjai tidak dianugerahi sumber daya alam melimpah namun letaknya  strategis dan sumber daya manusianya bagus. Karena  itu program pertanian perkotaan pada lahan kecil diyakini bisa meningkatkan ekonomi masyarakat, potensinya tak kalah  dengan kelapa  sawit.  Yang penting  kesungguhan menjalaninya.

“Saya pernah ke Beguldah diperbatasan Binjai - Langkat  dan  saya lihat banyak sawah beralihfungsi menjadi lahan  kelapa sawit.  Saya  bilang supaya  sawah tetap  dipertahankan,  jangan lagi ditambah sawit, “ kata Idaham .

Pada audiensi tersebut, ketua Mabmi Kota Binjai Prof.H. Syamsul Arifin SH MH  didampingi  panitia  Musda VII Mabmi Kota Binjai  terdiri dari ketua H. Fadlan  SH,MH, sekretaris  H. Nizamuddin SH, seksi acara Drs. H. Hasmir  MPd, Drs. T. Matsyah, Irwansyah,  Jumat (6/7)  di kediaman  resmi walikota  di jalan Veteran Binjai. Audiensi untuk melaporkan rencana musyawarah daerah (musda) VII Majelis Adat Budaya Melayu Indonesia (Mabmi) Kota Binjai pada  tanggal 8 Juli 2012 di pendopo Umar Baki.  Persiapan  musda sudah 95 persen dan panitia mengundang Walikota untuk hadir.

Walikota HM Idaham mengharapkan musda  memilih pengurus yang  terbaik yang mampu menjadikan Mabmi sebagai organisasi  yang penuh inovasi dan bermanfaat bagi masyarakat  luas.

ket foto : Walikota Binjai HM Idaham SH MSi  bersama pengurus Mabmi Kota Binjai meninjau pohon jambu air varitas unggulan Binjai yang ditanam  di halaman belakang rumah dinas Walikota.




Jadwal Berangkat Kereta Api
U 27Binjai - Medan11.35 WIB - 12.12 WIB
U 30Medan - Binjai12.30 WIB - 13.07 WIB
U 31Binjai - Medan16.15 WIB - 16.52 WIB
U 25Binjai - Medan09.15 WIB - 09.52 WIB
U 18Binjai - T. Balai16.15 WIB - 21.46 WIB
Selengkapnya
Arsip Koran Binjai
Arsip 31 Jan
Kegiatan Kota Binjai
Arsip 31 Jan
Kegiatan Kota Binjai